About Gerhana Bulan


Dimalam menjelang pagi ini tanggal 16 bulan juni 2011 ini saya sedikit celoteh tantang gerhana bulan. Sempat berfikiran : kenapa sih kok pada ribet bergemuruh tantang gerhana bulan..??kok pada ingin lihat gerhana bulan..?? Semaksimal mungkin memutar daya ingat menuju masa lampau saat masih duduk dikelas sekolah dasar, diman saat sekolah dasar, selalu mendapat dongeng dari mbah saya tentang alam dan sejarah indonesia raya.
Nah, renungan demi renungan, ingatan demi ingatan, akhirnya tercoret celotah tentang gerhana bulan dari mbah saya duluh bercerita orang pada  jaman dulu beranggapan bahwa gerhana bulan itu terjadi :

  • Karena adanya batara (raksasa) yang melahap sang bulan dan untuk menakut-nakuti sang batara banyak orang orang yang memukul lesung hal itu bertujuan agar sang batara memuntahkan kembali sangbulan seperti semula. ntah kenapa sang betara itu takut  dengan lesung..???
  • Ketika terjadi gerhana bulan para ibu hamil diwajibkan untuk sembunyi di kolong tempat tidur, konon hal itu dilakukan agar janin yang dikangungnya tidak hialang (dimakan sang batara) .
  • Saat sedang terjadi gerhana bulan muncul bagi yang ingin cepet tinggi mesti lompat-lompat dan bergantungan di pintu supaya kita bisa cepet tinggi .

Nah kali ini berdasarkan celoteh dengan rekan-rekan dijaman sekarang. kata mereka gerhana bulan terjadi karena pantulan sinar matahari kebulan terhalangi oleh bumi sehingga bulan tidak dapat memencarkan cahaya sepeti biasanya (menurut para ilmuan) .
:-D jadi lebih simple sih,  warga-warga gak berlu lagi mendendangkan lesung, ibu-ibu hamil juga tak perlu repot – repot lagi main peta umpet dikolong tempat tidur dan logisnya, kalau mau tinggi dan besar ya hidup 4 sehat 5 sempurna :-D.
Demikian wejangan dari saya kali i ni, bagaimana menurut anda tentang gerhana bulan…???

Maturu nuwun dan salam adem ayem

About these ads

32 thoughts on “About Gerhana Bulan

  1. itulah kekuasaan Alloh..
    walaupun jaman sudah moderen tetapi masih banyak orang-orang yang mengkaitkan gerhana, dngan hal-hal yang berbau mitos walaupung belum tentu kebenaranya..

  2. ya itulah…cerminan orang tua kita dulu yang masih kolot segala sesuatu di kaitkan dengan mistis dan itu hanya di daerah tertentu tetapi ada juga di beberapa daerah menyambut gerhana bulan dengan sholat gerhana.. di tmpt saya malah gerhana itu menjadi ajang ibadah seperti sholat sunat gerhana dan …seperti yang tejadi waktu gerhana matahari total.

  3. assalamualaikum..
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s