Pembuat Bendera Merah Putih dan Pencipta Lagu Indonesia Raya


Sebelumnya saya berfikiran mungkin ini artikel cocoknya dipublish pada saat 17 agustus, tanggal ulang tahun kemerdekaan Idonesia dikarenakan isi dari artikel ini cocok dipublish pada tanggal tersebut. Tapi saya berfikiran lagi “ah kelamaan” dan akhirnya saya publish saja sekarang. Jika ada salah pembahasan atau salah penyampaian dan kurang lengkap dalam isi artikel saya ini, mohon kiranya dibenahi dan ditambahi melalui komentar. Karena apa yang saya tulis disini berdasarkan batas pengetahuan saya dan ingatan saya pada saat menyimak pembicaraan dua orang yang berseragam loreng alias ABRI yang saling membahas tentang sejarah lagu Indonesia raya yang pada saat itu mereka berbagi pengetahuannya pada saya saat berteduh hujan didaerah depok.

Lagu Kebangsaan kita ‘INDONESIA RAYA’. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, dalam Kongres Pemuda Indonesia yang ke-2 di Jakarta, lagu Indonesia Raya diresmikan sebagai lagu Kebangsaan Indonesia.
Lagu itu ialah lagu Indonesia Raya ciptaan  Wage Rudolf Soepratman (9 Maret 1903, Jatinegara, Batavia – 17 Agustus 1938, Surabaya) adalah pengarang lagu kebangsaan Indonesia, “Indonesia Raya”. Bapaknya bernama Senen, sersan di Batalyon VIII. Saudara Soepratman berjumlah enam, laki satu, lainnya perempuan. Salah satunya bernama Roekijem. Pada tahun 1914, Soepratman ikut Roekijem ke Makassar. Di sana ia disekolahkan dan dibiayai oleh suami Roekijem yang bernama Willem van Eldik.

Sang Saka Merah Putih merupakan julukan kehormatan terhadap bendera Merah Putih negara Indonesia. Pada mulanya sebutan ini ditujukan untuk bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta, saat Proklamasi dilaksanakan. Tetapi selanjutnya dalam penggunaan umum, Sang Saka Merah Putih ditujukan kepada setiap bendera Merah Putih yang dikibarkan dalam setiap upacara bendera. Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bendera berbahan katun Jepang (ada juga yang menyebutkan bahan bendera tersebut adalah kain wool dari London yang diperoleh dari seorang Jepang. Bahan ini memang pada saat itu digunakan khusus untuk membuat bendera-bendera negara di dunia karena terkenal dengan keawetannya) berukuran 276 x 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI. Sejak tahun 1969, bendera itu tidak pernah dikibarkan lagi dan sampai saat ini disimpan di Istana Merdeka. Bendera itu sempat sobek di dua ujungnya, ujung berwarna putih sobek sebesar 12 X 42 cm. Ujung berwarna merah sobek sebesar 15x 47 cm. Lalu ada bolong-bolong kecil karena jamur dan gigitan serangga, noda berwarna kecoklatan, hitam, dan putih. Karena terlalu lama dilipat, lipatan-lipatan itu pun sobek dan warna di sekitar lipatannya memudar.Setelah tahun 1969, yang dikerek dan dikibarkan pada hari ulang tahun kemerdekaan RI adalah bendera duplikatnya yang terbuat dari sutra. Bendera pusaka turut pula dihadirkan namun ia hanya ‘menyaksikan’ dari dalam kotak penyimpanannya.
Jika anda berminat download video dan lagu indonesia raya dibawah ini :

Download file Mp4


Download file 3gp


Download file Mp3


Lirik lagu Indonesia raya dalam tempo duluh :

Lirik lagu Indonesia raya dalam tempo sekarang :

Demikian yang ada dalam search angin memori otak ini.

Matur nuwun dan Salam adem ayem

Silahkan share jika bermanfaat : Bookmark and Share

83 pemikiran pada “Pembuat Bendera Merah Putih dan Pencipta Lagu Indonesia Raya

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Tambahan. Lagu Indonesia Raya pada tahun 1950 diaransemen ulang seperti sekarang ini oleh seorang berkewarganegaraan Belanda, Jos Cleber atas masukan Presiden Ir Soekarno

    1. MANTAB…kenapa OM aki ismet menjerat komeng anda sampai 9 kali ya…???????????


      Jempol buat anda cobat😀 karna uda berusaha komeng sampai 10 kali dan 9 dijerat OM aki ismet😦

  2. Ini nih, yang membuat kita membangun satu sifat Nasionalisme yang lebih tinggi lagi. membahas dan mempromosikan ( bisa di bilang begitu ) lagu, klip dan apalah yang berhubungan dengan Indonesia. semoga sikap Nasionalisme kita lebih menggebu gebu lagi.

  3. ya…., sekarang sudah pada banyak yang melupakan sejarah bangsa kita. dengan adanya artikel ini, semoga kita tidak akan pernah lupa akan sejarah yang telah membangun bangsa ini

  4. Selamat sore, Sahabat …
    Apa kabar? Semoga tetap berada dalam lindungan Yang Maha Kuasa … Amin

    Denuzz mau kasih kabar nih, Burung Hantu udah pindah sarang …
    Datang berkunjung ya, Sahabat …

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

  5. hidup Indonesiaku!😀

    DIBUTUHKAN SEGERA!!!

    English Tutors Urgently Required

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

  6. 3 hari lagi kita berdo’a tuk para pejuang yang jadi jalan merah putih nya bu Fatmawati dan lagu nya WR Supratman jadi simbol nasionalisme kita

  7. Sungguh indah dapat menghayati bendera negara tercinta. Semua ini lahir dari sifat cintakan negara. Indah baru mengetahui akan sejarah awal bendera Indonesia. Semoga semangat yang ada pada bendera bersebut mengibar kekuatan dapat jati diri bangsanya, bangsa Indonesia.

    Salam indahkasihku.

  8. satu hal yang jarang dilakukan yaitu menyanyikannya. Saya sendiri belum tentu menyanyikan lagu ini setahun sekali.

  9. kenapa lirik lagu indonesia raya berubah ya?yang sekarang dinyanyiin ma yg diciptain dulu beda beberapa lirik/dibuang liriknya…siapa yg edit lagu indonesia raya?

  10. Bendera merah putih menjadi kebanggaan kita. Tapi jangan sampai kehormatan bangsa iini diinjak-injak lagi oleh bangsa lain. Ynag terpenting bukan benderanya, tetapi semangatnya

  11. This is my first visit here in this incredible information that you provide. I’m so glad to be here, buy the way …. if you have time please visit my site. hopefully we can be friends and exchange information. thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s