Kenali Korupsi


Berdasarkan kacamata hukum, contoh hal yang terkategori korupsi adalah sebagai berikut. Definisi korupsi menurut saya tergantung dari segi sudut oandang pengartian, namun tetap yang namanya korupsi tetaplah salah dan pantas mendapatkan hukuman.

  • Korupsi yang merugikan keuangan keluarga

Anda dititipin uang belanja sama ibu anda. Kalau sampai ada uang kembalian, anda beliin coklat tanpa sepengetahuan beliau.itu korupsi..!!

  • Korupsi merugikan keuangan sekolah

Anda adalah bendahara dalam panitia pensi sekolah. Diproposal, anda menulis dana yang dibutuhkan Rp.10 juta. Padahal dana yang dibutuhkan hanya Rp.5 juta. maksudnya sih sisa duitnya mau dipakai buat pesta pembubaran panitia.

  • Korupsi yang merugikan keuangan Negara

Malam minggu anda diajak teman-teman anda kesebuah party. Anda tau kalau seseorang yang anda taksir akan datang, biar kelihatan keren, anda bela-belain minjem mobil dinas ortu. Padahal anda tau mobil itu seharusnya cuma dipakai oleh ayah anda.

  • Menyuap aparat

Ini yang sering terjadi : Lagi asik-asik bawa motor, tau-tau ada peluit berbunyi. Ternyata tanpa sadar anda berkendara dijalur yang salah (jalur yang seharusnya dilalui oleh kendaraan roda empat). Biasa dech, anda cengar-cengir ke pak polisi yang menyetop. Buntut-buntutnya anda minta damai dengan cara member i uang dalam jumlah tertentu.

  • Menyuap guru

Gara-gara tidak belajar, ualangan matematika anda jeblok. Terus, anda datang dech kerumah pak guru sambil membawa bingkisan cantik. Harapannya hati beliau melunak dan mau menaikkan  nilai anda dirapot.

  • Malsuin bukti

Jabatan anda keren : Manajer tim sepak boal diskolah. Tiap pulang tanding, anda seharusnya ngasih bon lapangan ke guru anda. Nah, kebetulan anda kenal dekat sama supir bus. Terus anda minta dech ke dia “ Psssstt…nanti tolong di bon tolong tulis kalau biayanya Rp.150 ribu ya…!! “ padahal biaynyan hanya Rp.100 ribu.

  • Membiarkan orang lain memalsukan bukti

Ternyata palsu memalsukan bon kegiatan ekskulnggak Cuma Cuma dilakukan oleh anda saja, tapi jugapengurus-pengurus lainnya. Mulai dari voli sampai tim debat, semua pada sibuk nimbun duit haram. Kalau anda tau tentang hal ini dan anda diam saja, itu namanya korupsi.

  • Palak memalak

Tiap kali anda memalak uang dari adik kelas atau orang lain, itu artinya anda sudah melakukan pemerasan. Tidak ada bedanya dengan pegawai negri yang memeras orang yang seharusnya anda layani.

  • Menyalagunain jabatan

Paman anda adalah polisi. Suatu hari anda tertangkap saat paman anda sedang beroperasi, nah anda mencoba merengek dan membujuk paman anda sisudut tepi jalan agar tidak diketahui teman paman anda. Akhirnya anda pun bebas.

Demikian ulasan cuap-cuap tentang korupsi yang dasar namun tetap berbahaya dan terkategori kejahatan. Jika anda mempunyai ide tentang contoh yang termasuk hal yang terkategori korupsi, silahkan tambahkan dikolom komentar.

Salam adem ayem

36 pemikiran pada “Kenali Korupsi

  1. betapa korupsi sudah jadi budaya bangsa kita (semoga salah)… ini contohnya dari yang kecil kecilan sampe yg kelasa kakap udah komplit jd menurut saia kalo udah ada contohnya tentu prakteknya dah ada jg,

  2. Korupsi itu identik dengan pencurian dalam hal ini tidak semata bersangkutan dengan materi/uang ada juga korupsi non materi.
    Contohnya :
    Kalau dulu jamannya masih sekolah/kuliah walupun sudah waktunya harus pulang tapi cangkrukan/nongkrong/main dulu atau apapun kegiatannya padahal sudah melebihi pakem waktu yang sudah sama-sama di jadualkan, dan masih banyak lagi contoh kasus bisa di kantor, kampus, dll serta berbagai macam modus operandinya.

  3. wahhh kita kudu hati-hati juga yah, salah langkah ntar dikira korupsi heheheh prihatin sekali dengan kondisi bangsa kita ya ndie, orang2 memperkaya diri pribadi dengan mengambil hak orang lain. benci banget aku sama koruptor. ayoo kita berantas!!

  4. Sering kali dulu kalo kerja di tempat basah (istilahnya) enak dan ada prosentase untuk kita yang kerja dibagian itu. Padahala itu bukan hak kita. Jadi itulah cara pandang yang salah . akhinrya saat ini masih jadi pada korupsi dah. Berantas korupsi

  5. Hehehe..
    Ternyata walaupun kecil-kecilan ternyata termasuk kategori juga ya menurut mas Andipeace.
    Kadang uang kembalian hasil suruhan ibu untuk beli sesuatu saya kantongin untuk tambahan uang jajan, dulu waktu masih sekolah.

    Hiks.. jadi sedih juga sudah termasuk koruptor…. Hiks…

  6. para penegak hukum negeri ini telah terjangkit penyakit korupsi yg telah mengakar dalam,,
    jadi pesimis hingga 5 tahun kedepan pelaku korupsi bisa ditindak,,
    mudah2an kita bisa terhindar dari perilaku yg demikian,,

  7. dah mendarah daging mas. Jadi susah di hentikan hanya dengan ancaman kurungan doank. Mesti di bunuh langsunglah itupun belum tentu dapat selesai

  8. Assalaamu’alaikum

    Ternyata hidup kita tidak terlepas dari korupsi. Masya Allah. Mudahan apa yang telah diberi sebagai satu penghargaan tidak dianggap korupsi tetapi sebagai motivasi. Kongsian hikmah yang hebat Andi. Salam mesra selalu.

  9. intinya? jangan korupsi😀
    kalau udah korupsi, mentalnya itu udah mental bobrok deh mau dibenerin juga susah, urusannya bakalan merembet kemana mana…

  10. Kesalahan yang mendasar ada pada pendidikan kita…..
    di tingkat sekolah, materi dan kebiasaan hidup yang ditanamkan jauh dari Hukum kebenaran (Agama).
    Sehingga setelah hidup bermasyarakat kita hanya membawa bekal prinsip “ASAL SAYA SENANG”.
    Korupsi misalnya: kalau gak ketahuan nikmatnya luar biasa.

  11. saya tambahkan mas, bila pegawai negeri, (memegang jabatan atau tidak), pejabat negara : presiden, anggota DPR/DPRD, menteri atau setingkatnya, gubernur, bupati walikota sampai kades ( yg dipilih rakyat) menerima hadiah parcel lebaran atau apapun juga walau nilainya hanya 1 Rupiah dari siapapun juga walau tidak terkait dengan kepegawaian dan jabatannya adalah termasuk gratifikasi yg bila tidak dilaporkan dalam jangka waktu tertentu (kalau tdk salaj 10 hari setelah pemberian) juga adalah termasuk korupsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s