Modifikasi Tema WordPress


Ganti muka lagi…sebenarnya saya sangat menyukai background saya kemarin tapi mau bagaiman lagi kalau para sobat blogger merasa susah untuk membaca artikel saya. Sebagian para sobat blogger meminta saya untuk mengganti background tema saya yang dikarenakan terlalu kontras sehingga tulisan postingan saya kurang jelas alias susah dibaca, selain itu juga dari beberapa teman blogger dan teman facebook beertanya bagaimana caranya mengganti background tema transparan seperti itu dan meminta saya mempostingkannya. Sebelum ini juga, duluh asal mula memposting tips trik membuat slide galleri juga atas permintaan sobat blogger dan teman facebook. Bukannya saya tidak mau berbagi tips trik cara membuat slide galleri dan mengganti background tema transparan wordpres ini, tapi saya beranggapan sobat blogger lebih banyak faham daripada saya tentang hal ini. Tidak usah panjang lebar kalimat basa-basi takut kelamaan jadi basah kuyup, berikut cara-caranya :

Login wordpress – tema – aktifkan tema Dark Wood

Pilih Latar belakang – browser (pilih file jpg) – unggah

Maksimalkan background dengan memilih tampilan kiri / tengah / kanan – simapan perubahan

    Tips :

      • Background transparan ini hanya bisa dilakukan hanya pada tema wordpress tertentu saja. Ciri tema yang bisa dimodifikasi seperti ini yaitu yang mempunyai fasilitas………..
      • Jika anda mengedit gambar tersebut menggunakan paint, usahakan jangan langsung disave tapi save as (kenapa) sebab, jika satu file yang sama dilakukan editing berulang-ulang menggunakan paint, diyakinkan gambar tersebut akan mengalami perubahan kualitas negatife.
      • Misal gambar tersebut bernama andipeace.jpg. Saat anda hendak menyimpan hasil editing pilihlah save as dan berinama andipeace_1,jpg. Jika hasil editing anda tersebut kurang maksimal, edit ulang file yang bernama andipeace.jpg jangan yang bernama andipeace_1.jpg setelah itu pilih save as dan berinama andipeace_2.jpg. Lakukan tips tersebut berulang-ulang sampai anda mendapatkan background transparan yang anda inginkan.
      • Bagi para pembaca : jika background transparan trasebut kurang maksimal pada kualitas kontras tulisan / postingan, cara agar anda bisa membacanya dengan jelas yaitu : crop saja tulisan tersebut dengan cara klik kanan – tahan dan geser mouse hingga background berwarna putih dan tulisan menjadi hitam.

    Demikian tips trik yang saya ketahui tentang background transparan ini. Sangat mudah bukan….!!!! Bagi yang berminat atau penasaran…Selamat mencoba.

    Matur nuwun dan salam adem ayem

    74 pemikiran pada “Modifikasi Tema WordPress

    1. Thema blog ku dak ada bg nya. Jadi dak bisa mencoba😀 tapi terimakasih karna meskipun trik ini tak dapat saya praktekan namun dgn trik ini saya mendapat ilmu baru.

    2. Wahhhhhhhhh tips yang bermanfaat banget nih…
      aq save dulu ya….ntar aq juga pengen ganti theme .. heheh..

      oh ya.. ini cuma untuk theme darkwood aja ya.. ? bagaimana dengan theme lain..
      ntar aq tanya via japri aja deh…

    3. heheh kemaren mbak pernah pake theme ini ndie, tapi sama dapet protes juga, ganti theme yg dipakai sekarang, juga dapet protes. tapi bagus lah, protes membangun.

    4. ilmu yg bermanfaat utk pengguna wordpress,
      walaupun bunda masih suka dgn tema yg sekarang, lain waktu kalau pingin ganti, bisa belajar dr sini.
      terimakasih Mas Andi krn telah berbagi
      salam

      NB: apakah hanya bisa dipakai utk tema darkwood saja Mas?

    5. Terima kasih banyak Mas atas tipnya. Mudah-mudahan bisa mencobanya.
      Hal-hal begini saya betul-betul tidak banyak mengerti. Untuk ganti tema saja ada kekhawatiran amburadul. Akhirnya tampil seadanya saja.

      Salam

    6. Kelihatannya theme saya tidak mendukung. Sehingga hanya bisa ganti warna saja itupun dengan mengulik css. Kalau salah edit malah tidak terbaca.😐

      1. sepertinya sedikit berpengaruh mas…kalo misal ukuran gambarnya tersebut terlalu besar, maka kemungkinan loading akan berat.makanya cari yang kecil aja, kalo bisa di kompres duluh.

        salam

    7. kalo saya sendiri agak males ganti2 theme mas. terima aja apa adanya dari sana pasrah aja de hehehe😀 tp emang kt bs menuangkan kreatifitas kt saat desain them blog kita.

      oh iya kapan2 kalo tidak keberatan silakan maen lg yah mas ke blog saya di http://hihia.wordpress.com. ditunggu loh kunjungannya😀.

      sukses selalu yah mas untuk blognya😀

    8. halow, sekadar info kecil aja, tema yang dapat berubah backgroundnya bisa, bueno, structure, dll..

      salam kenal,
      dari Si Bawel

    Tinggalkan Balasan

