Kenali Otak Anda


Saya yakin jika anda mencari artikel fungsi otak di search angine mbah google, pasti beribu-ribu jawabannya dan bahkan mungkin lebih detil uraian dari fungsi otak tersebut daripada artikel saya ini, hanya sebatas pengetahuan dan ingatan saya ketika masih nimbrung dikelas SMA duluh dengan kerjasama share dengan adik saya😀. Otak merupakan segumpal organ berwarna kelabu yang rumit. Dibalik tempurung kepala kita itulah mengalir berjuta-juta arus listrik kecil untuk menyampaikan informasi dan memberikan perintah keseluruh bagian tubuh.

Arus listrik itulah yang menyuruh anda melihat bolg saya ini, merekam huruf demi huruf dari artikel saya ini, lalu membentuknya menjadi kata yang bermakna. Arus listrik tersebut berjalan dalam serabut saraf, mesin super komputer alias otak anda dapat bekerja karena adanya sel-sel saraf. Sisitem saraf itulah yang menyampaikan informasi keotak untuk diolah, diartikan dikembalikan sebagai perintah sebagai perilaku. Ketika anda menemukan sebuah kata yang sulit, otak berusaha mencocokkannya dengan ingatan.

Mesin tercanggih alias mesin super komputer alias otak yang ada dikepala kita tersebut terbagi menjadi 3 yaitu :

1. Otak besar : terbagi lagi :

Otak kiri

Berfungsi sebagai pusat bahasa yang baik dan pusat berfikir, pusat baca tulis seerta matematika. Otak kiri ini lebih berperan dalam cara berfikir yang matematis, cara bicara yang bagus, teratur dan rapi. Analistis dan kritis jika berpendapat serta berdasarkan logika.

Jika otak kiri saya yang bekerja : tidak ada warna kehidupan dari orang tersebut alias monoton.

Otak kanan

Ada perbedaan antara fungsi otak kanan dan kiri. Otak kanan tidak dapat menterjemahkan bahasa berhitung dan percakapan. Otak kanan ini berfungsi bahasa tidak baik, misal : bahasa gerak-gerik tubuh dan bahasa pengelihatan isyarat baik ucapan maupun tulisan. Selain itu otak kanan juga lebih banyak berfungsi memahami dan menikmati melodi, musik, imajinasi, kreatifitas dan insting serta fantasi.

Jika otak ini saja yang bekerja : orang orang tersebut hidupnya tidak teratur, dan hanya mengikuti fantasinya saja dan cara berfikirnya tidak logis.

Otak kiri dan otak kanan dibagi lagi :

· Otak depan

Otak ini mengatur prilaku anda. Ketika ada kelainan pada otak depan ini, akibatnya : gila, agresif, suka merusak dan prilaku negatif lainnya, tetapi jika sebaliknya, maka otak depan ini befungsi sebagaimana mestinya beperilaku positif.

· Otak samping

Otak samping ini berfungsi menterjemahkan dari apa yang anda dengar, menterjemahkan ingatan. Ketika anda mendengar sebuah musik dan anda dapat menilai bahwa musik tersebut enak didengar ataupun kurang enak didengar, itu berkat fungsi otak samping anda.selain itu otak samping ini juga berfungsi sebagai proses penterjemah baca tulis.

· Otak tengah

Otak ini berfungsi sebagai indra perasa. Ketika tangan kanan anda memegang mouse, maka otak tengah bagian kanan menterjemahkan bahwa yang anda pegang dan rasakan itu adalah mouse. Demikian juga bila tangan kiri anda memegang flasdisk, maka otak tengah bagian kiri akan meterjemahkan bahwa yang anda pegang dan rasakan itu adalah flasdisk.

· Otak belakang

Sebenarnya mata kita itu memang dapat melihat tapi tidak tau apa yang dilihat. Ketika anda melihat membaca artikel saya dan menulis artikel saya dikertas (misalnya) dengan sama persisi yang anda lihat A and abaca A dan anda tulis A. Prosesnya yaitu apa yang anda lihat diteruskan oleh sel saraf menuju otak belakang, otak belakang menterjemahkan apa yang anda lihat dan diteruskan keotak samping, lalu otak depan anda memerintahkan anda untuk menulisnya.kiak otak belakang ini terganggu, maka pengelihatan anda juga terganggu.

2. Otak kecil :

Anda dapat beraktivitas, melakukan gerakan-gerakan yang seimbang, serasi dan selaras itu berkat fungsi dari otak keci, selain otak kecil juga berfungsi mengendalikan emosi dan fungsi berfikir (walaupun tidak sepenuhnya).

3. Batang otak :

Anda dapat membaca artikel saya ini juga berkat batang otak, saya ibaratkan jalan raya fungsi otak. Dimana otak besar dan otak kecil tersebut menyampiakan informasi ke otak melalui batang otak ini.

Demikian ulasan tentang fungsi dan cara kerja mesin tercangging alias mesin super komputer alias otak kita. Apabila ada kekeliruan dan kurang lengkapnya dari apa yang saya tulis, mohon maaf dan mohon tambahannya.

Matur nuwun dan salam adem ayem

22 pemikiran pada “Kenali Otak Anda

  1. Saya tertarik ketika mebaca buku “Matter The Other Name of Illusion” karya Harun Yahya yagn mengatakan bahwa kita hidup ini dalam tingkatan persepsi dan segala yang diindera oleh panca-indera kita tidak bisa keluar otak, semuanya terjadi dalam otak.

  2. bisakah kita membayangkan memori dari 1 trilyun sel yang masing-masing punya 200 ribu sambungan kemudian masing-masing punya probaiilitas sambungan berapakah itu?
    1 trilyun pangkat 200 ribu. banyak sekali…

  3. Hebat nih…. postingan keren…
    Otak berisi milyaran sel, jika salah satu selnya diteliti satu sel saja berisi spt sebuah perkotaan, kalo otak berisi milyaran sel berarti terdapat miyaran kota dalam otak kita🙂

  4. jadingingetin waktu sma dulu mas andi, hehee
    waktu praktek biologi, udah habis-habisan ngapalin struktur kepala dan otak, ehh malah dapet nya tentang perut dan teman2nya, untung masih bisa lulus sayah, hehe

  5. sepertinya otak kiri saya yang mendominasi. Apa otak kiri saya jadi lebih besar dibanding otak kanan ya?

    *daya ingat yang sungguh tajam..pelajarin SMU masih inget detil banget*

  6. Pengenalan otak dan fungsinya harus dikenal sejak dini, sehingga memudahkan untuk menstimulasi otak dengan baik.
    Ntar kalau salah stimulasinya bisa kacau, sering pamer aurat mau jadi pimpinan pada budaya kita menentang yang demikian (*ngawur nih komentarnya mas*)

  7. halo mas, malam nih😀 hehe kebetulan sekalian mampir. trims yah atas kunjungannya. thx sharingnya artikelnya bagus. otak itu emang rumit bngt, mungkin di masa depan salah satu impian para ilmuwan adalah mampu menciptakan otak buatan. tp saya rasa masih jauh itu😀 karena manusia bisa berbeda dan menjadi ciptaan Tuhan yang paling sempurna berkat otak.

    oh iya mas kapan2 maen lg yah ke blog saya di http://hihia.co.cc dan http://hihia.wordpress.com😀.

    ditunggu juga yah backlinknya hehe😀. salam n sukses selalu bro !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s