Made In Java


Dari judulnya keren dan modern banget (Made In Java), tapi yang dibahas tentang tradisional dan konon katanya, tetapi meskipun hanya konon orang bilang, tapi terbukti kebenarannya.

Anemia / kurang darah :

Ramuan ini peninggalan bundaku, dari duluh sampai sekarang saya terkadang mengalami anemia dan dari duluh sampai sekarang saya tidak pernah kerumah sakit / beli obat untuk menyembuhkannya. Hanya meminum wedang gula. Tuang air putih yang panas dalam 1 gelas dan campur dengan gula yang banyak (wedang gula) dan aduk. Setelah itu minum selagi masih panas dengan menuangkannya pada piring gelas. Setelah meminumnya sampai habis, segera beristirahat dengan seluruh badan terselimuti (bila perlu,pakai jaket, celana panjang dan selimut tebal) agar badan anda mengeluarkan kringat dan jika badan anda sudah mulai berkeringat, itu menandakan anda mulai baikan.

Sakit gigi :

Yang satu ini kasiat dari tante saya, dimana mempunyai pengalaman anaknya sering mengalami sakit gigi dan ibunya tersebut selalu menggunakan tips ini Ambil pasta gigi secukupnya lalu taruh pasta gigi tersebut pada lubang gigi anda yang bolong.lakukan pada setiap menjelang tidur dan lakukan setiap malam, 3 hari juga bisa sembuh.

Wasir :

Yang ini dari nenek teman saya yang dikampung. Beliau pernah berbagi pengalamannya sebagai orang tua yang terdahulu alias punya resep ramuan tradisional yang cukup banyak. Ambil daun lidah buaya, lalu kupas dan bersihkan lender berwarna kuning daun lidah buaya. Lalu masak dengan air ngah matang, Angkat lidah buaya yang sudah dimasak dan kemudian dimasak lagi dengan air kira-kira 2 gelas (lidah buaya sudah dipotong kecil-kecil). Setelah matang ramuan ini dapat dimakan dengan gula atau sirup..

Mengencangkan kulit muka :

Kalau yang ini dari teman perempuan saya😀 saya pernah kaget banget ketika bermain kerumah teman saya dan wajahnya putih banget seperti hantu😀 mana waktu itu malam hari, saya tidak tau kalau itu yang disebut masker dengan tujuan positif. Ambil ragi tape secukupnya, lalu hancurkan dan campur dengan air. Setelah itu aduklah ragi yang sudah dicampur dengan air tersebut sampai kental dan rata. Sebelum menggunakannya, bersinhkan terlebih dahulu wajah anda dengan air hangat, lalu oleskan ramuan ragi tersebut pada seluruh permukaan wajah anda dan biarkan mengering. Setelah selesai bilas muka anda dengan air hangat, lalu dengan air dingin. Lakukan minimal tiga kali seminggu.

Menghitamkan rambut :

Ini juga dari cerita teman perempuan saya tadi. Ambil segenggam biji papaya yang sudah tua, keringkan lalu tumbuk hingga halus. Setelah halus, beri sedikit air dan oleskan pada rambut anda. Setelah itu diamkan beberapa saat, setelah itu bilas rambut anda dengan air,. Saya jamin rambut anda tampak hitam dan berkilau.

Hilangkan jerawat :

Salah besar jika anda memencet jerawat anda atau mengelupas jerawat anda. Kata ayah dan saya coba buktikan😀 benar juga. Jerawat jangan diotak atik pakai tangan karena tangan itu mengandung bakteri, jika itu dilakukan maka jerawat akan membekas hitam pada kulit wajah. Basuh seluruh permukaan wajah dengan menggunakan kain yang bersih dan kain tersebut sudah dibasahi dengan air panas / hangat. Lakukan itu secara rutin pada saat menjelang tidur. Maka jerawat diwajah anda akan mengilang tanpa meninggalkan noda hitam.

Penawar racun :

Dalam hal ini sebenarnya saya kurang faham, kenapa bisa disembuhkan dengan air kelapa muda. Tapi yang pasti ini benar terbukti kasiatnya. Hanya cukup meminum air kelapa muda yang segar, maka racun sedikit demi sedikit akan hilang.

Menghilangkan susuk :

Sebenarnya cara untuk menghilangkan susuk itu cukup banyak dan bisa juga susuk tersebut bisa hilang dengan ketentuan yang dianjurkan pada sang pemberi susuk. Misal :

  • Tidak boleh makan sate langsung dari tusuknya
  • Tidak boleh minum air kelapa
  • Tidak boleh minum-minuman keras

Hanya itu yang saya ketahui syarat-syarat agar susuk tidak hilang seketika. Tetapi ada cara satu lagi yang bisa menghilangkan susuk dengan paksa. Duluh warga samping desa saya menangkap buronan pencurian motor, buronan tersebut dihajar masa sampai badannya penuh darah dan memar-memar luka dibadan dan diwajah, herannya dan yang menjadi jengkel para warga untuk terus menghajar dan menghabisi buronan tersebut adalah buronan tersebut terseyum dan tertawa seakan-akan tidak merasakan sakit sama sekali pada saat masa mengajarnya. Akhirnya ada salah satu warga yang faham kenapa bisa begitu dan dipukul buronan tersebut dengan daun kelor, buronan itu langsung menjerit-jerit merasakan sakit akibat dihajar masa.

Layu saat pernikahan :

Disini yang saya maksud adalah mempelai wanita terlihat layu tidak segar, bersinar dan anggun ketika dalam pelaksaan pernikahan. Entah mengapa tapi hal ini disebabkan karena pengantin wanita tersebut sudah tidak virgin.

Ekor Cicak bercabang :

Konon katanya dan terbukti kebenarannya, orang yang mentimpan ekor cicak yang bercabang selalu menang dalam perjudian. Ekor cicak tersebut dibungkus kain dan ditaruh didalam dompet.

Menahan buang air besar :

😀 yang ini saya sama sekali belum pernah mencoba😀 dikarenakan menurut saya konyol dan terlihat lucu. Bagaiman tidak lucu, mengan tongi / menggenggam kerikil (batu kecil) agar rasa ingin buang air besar menjadi hilang😀 (maaf).

Matur nuwun dan salam peace

42 pemikiran pada “Made In Java

  1. wah mas, tipsnya keren-keren, tapi apa bener yang buntut cicak itu ampuh?? huahahahhaha *langsung mikir yang gak-gak😉

    oiya mau nambahin juga mas, kata orang betawi, jika mau ngebersihin mata seperti di rukyah gitu untuk ngilangin belek dan memperjenih penglihatan, cukup pake daun sirih disobek-sobek lalu campur dengan air sedikit hangat, tuangkan airnya di piring lalu celupkan mata kedalam air tersebut, bisa juga langsung diteteskan, namun itu untuk yang sudah biasa dan berulang melakukannya. karena akan terasa sedikit perid dan pedas dimata.

    salam mas😀

  2. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Untuk air kelapa muda (apalagi kelapa hijau) memang terbukti mempunyai khasiat sebagai penawar racun. Nama kandungannya saya agak lupa. Bahkan untuk bathok kelapanya jika dibakar dan dicampurkan dalam minuman bisa menjadi pengganti obat cuci perut.

  3. Yang terakhir sy pernah coba waktu sekolah dulu pas ada acara hiking. Entah karena sugesti atau bagaimana tapi benar. (Ngantongin kerikil berhasil membuat sy mampu menahan BAB saat itu.)

  4. Lha wong dibuatnya di java ya Made In Java toh ? (*just kidding*)
    Istri saya dari jawa, jadi kalau badan terasa linu biasanya saya akan minta dibuatkan jamu. Saya sudah jarang mengkonsumsi suplemen modern.
    Kalau jamu tidak mempan saya lebih memilih mendatangi dokter langganan.

  5. wahh, ragi tape bisa dijadiin masker ternyata buat ngencengin wajah.. hebat..
    memang, yah pengobatan tradisional itu walaupun terlihat jadul tapi khasiatnya selalu bagus. dan jarang ada efek sampingnya..

  6. bundaku dulu suka banget maksa2 mengkonsumsi jamu2 gitu.. hehehe…
    tapi ternyata emang khasiatnya bagus banget….

    yang alami itu lebih baik.. iya kan..

  7. pantesan wajahnya bang andi bersinar, rambutnya hitam dan juga matanya jernih yg pastinya terlihat sehat wal afiat… hehe….

  8. Nah..gitu dong, bikin teteh nyengir lagi. apalagi baca tips tentang menahan bab itu..hahaha..pengalaman nyata teteh waktu masih SD tuh. emang ga tau apa hubungannya, tapi selalu berhail ditahan sampai datang ke rumah dan si batu lepas dari genggaman. semakin mule, semakin kenceng menggenggam batunya

  9. walaupun tradisional.. tetep saja diantara hal di atas banyak kebenarannya kok. apakah itu hanya kebetulan atau emang benar2 teruji secara klinis.. yg pasti.. orang jawa belajar dari pengalaman sehari hari… dan itu sangat natural walau kadang ada yg kurang masuk akal… tp ya itulah faktanyaa

  10. obat2an jawa mmg tertulis di primbon mas..jd sejak dulu moyang kita itu ilmu kedokterannya sdh ‘canggih’
    **waktu kecil dulu saya percaya mitos kantongi krikil itu jika lg kroso ngising

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s