Nelangsa


Dikampung punya banyak teman dan punya banyak sahabat serta begitu memperdulikanku. Tapi disini berbalik sangat menyedihkan punya banyak teman namun tak satupun punya sahabat. Disaat bundaku masih ada dan sampai sekarang sudah almarhum, sampai detik ini aku masih ingat jelas dan selalu berusaha melakukan pesan-pesannya yang diberikan padaku :

  • Berbuatlah semaumu tapi jangan merugikan orang lain apalagi mencuri
  • Jangan bandel, jadilah anak penurut pada ayah dan saudara-saudaramu
  • Tanyakan pad dirimu sendiri jika ada masalah]
  • Jangan pernah perlihatkan tangismu pad asaudara-saudaramu apalagi sama ayah

Hari senin jam 11.57 siang tanggal 5 april 2010 aku kembali menyembunyikan tangisku untuk yang beberapa kali dibalik tembok kamarku sekaligus mendapat pelajaran yang sangat berharga tentang apa yang menimpaku. Berfikir dan berjanji pada diri sendiri jika kelak aku sudah membina rumah tangga sendiri dan mendidik keponakan / adikku sendiri ditengah-tengah kehidupan keluargaku, aku tidak ingin dan tidak mau melakukan hal yang sama apa yang mereka lakukan padaku karena aku merasakan betapa sakit hati dan terhinanya aku dimata mereka atas tuduhan pencurian monney yang tidak seberapa dan itu tidak pernah aku lakukan, ingin sekali berontak dan pergi jauh dari mereka tapi spontan teringat 4 pesan dari bunda yang membuatku bisu menahan sakitnya hati dan hinanya aku dimata mereka. Aku memang seorang pengangguran yang makan numpang, kuliah dibiayai (sebenarnya aku malu pada diriku sendiri) dan lapar akan monney serta pekerjaan, tapi aku tak butuh monney curian untuk aku makan dan pekerjaan mencuri bukan yang aku cari. Senegatif ituka mereka menilaiku (terimakasih banyak aku ucapkan)

Natur nuwun dan mohon maaf

67 pemikiran pada “Nelangsa

      1. sing sabar Bro … lelakon urip kuwi ono mangsane rasane pahit … anangin kanggo uwong sing sabar, ono pahala sing ora ono watese🙂 … TETEP SEMANGAT🙂 … JES … jabat erat selalu …

  1. sabar.. sabar.. sabar.. memang siapapun orangny klo di tuduh mencuri akan merasakan sakit hati banget, apalagi ma keluarga sendiri yang menudingnya

  2. kasus pencurian uang, anggap saja tiu pendidikan moral sepanjang hayat. tapi hebat lho kamu bisa belajar. daripada koruptor yang menucri banyak tapi tak pernah belajar (mungkin belum ketahuan dan belum ada instrumen hukum untuk menghukum). koruptor itu seharusnya belajar bagaiman pengaruh pelanggaran hukum timbal balik dan etika terhadap hubungan sosial, karis, keluarga, politi, ekonomi dan lain-lain.
    semoga mereka belajar di penjara. eh, penjara nggak cukup untuk mengajari mereka itu. coba mereka dibuang di gurun sahara tanpa uang dan orang lain, atau mereka disuruh membayar pakai gaji mereka untuk mengembalikan uang negara. bisa mati mereka kalau satu bulan tidak gajian untuk membayar negara. tabungan dan gaji diambil.
    selamat, kamu sudah melampaui semua itu.

  3. aku pernah terkena fitnah.. dan seorang sahabatku, kebetulan dia seorang dosen di purwakarta, kasih nasehat begini, ” kalo kamu ga bisa membela dirimu sendiri, maka diamlah.. ikhlas dan pasrahkan sama Allah Swt… biarlah Dia menjadi pembela bagimu….. ”

    sabar ya bro.. *hugs*

  4. memang pedih… tapi ada hikmah dibalik semua itu. percayalah sob..
    mampir saja padaku, aku akan menjadi sahabatmu, jangan kau menutup diri sob..🙂
    semangat ok

  5. Kalau memang tidak berbuat ya sabar saja mas.
    Selalu berdoa kepada Tuhan agar diberi ketegaran.
    maju terus dengan hal yg positif dan bermanfaat.

    Di BlogCamp terdapat foto para peserta acara SupermanShow-Aksi dan Kreasi sebanyak 10 orang dengan lagak dan gaya mirip atau dimirip-miripkan Sang Idola. Gambar diatur secara acak dan diberi nomor undian.Silahkan memilih satu diantara mereka dan dapatkan hadiah yang menarik.

    salam hangat dari Surabaya

  6. Hayo bangkit, tak perlu hiraukan tuduhan orang asal anda benar.
    Tingkatkan citra diri dengan karya nyata yang positif.
    Salam hangat dari Plesiran

  7. Sahabat,
    Saya juga pernah berada diposisimu saat ini.
    Tetapi percayalah kepada Nya, roda pedati selalu berputar. Jangan malu dengan diri sendiri, saat ini mungkin Mas Andi dalam kondisi yang tidak berdaya, tetapi saya yakin dan percaya jika suatu saat dengan upaya dan kemauan yang keras semuanya akan berubah. Simpelnya, jalanilah dengan perasaan yang riang sahabat.
    Jangan malu untuk menangis karena secara psikologis tangisan akan meringankan beban yang kita pikul.

  8. Pendapat saya fokuskan kuliah dulu biar kelar, atw kalo mau nyari sampingan yg penting halal & ga ganggu kuliah.
    Setiao indiviu pasti memiliki masalah masing-masing & itu pasti ada jala keluarnya.
    SUkses terus Andi. Kamu pasti bisa!

  9. Terkadang menangis bisa juga mengeluarkan hal terpendam dalam diri, tapi alangkah lebih baiknya klo share dengan orang lain yang dapat dipercaya. Sehingga meringakan beban yang dirasa dan mungkin menemukan jalan keluarnya

    Salam hangat..

  10. pertama, tentu saja, sabar ndan. kedua, berserah sama Yang Di Atas *masih percaya khan? qe3* lha wong kita di posisi minoritas je. Mereka yg nuduh, karena lebih banyak, jadi merasa benar. Salam dari Kebayoran🙂

  11. Aku pernah mengalami hampir semua perasaaan yg kau ceritakan pada masa mudaku. Namun dari dulu hingga kini ada keyakinan dalam diri aku akan terlepas dari semua itu dan menjadi lebih baik. Ternyata keyakinan itu telah merubah hidupku menjadi keajaiban-keajaiban.

    Jadi jangan menyerah dan yakinlah tentang apa yang kau impikan.

  12. Yang sabar saja, bro. Yakinlah Tuhan selalu ada dan gak tidur. Meskipun sering kali tindakannya terasa gak adil, itapi semua itu pasti yang terbaik untuk kita. Kita saja yang sering kagli ak ta hu misterinya

  13. andie kenapa??😕
    jangan sedih ya Ndie… mereka boleh nuduh kamu seenaknya… tapi setidaknya dr lubuk hatimu yang terdalam kamu bukanlah senista itu… DIA lah yang Maha Tahu… tahan emosimu ya Ndie agar tak nyalahi langkah… biarlah kata mereka, dan kamu coba buktikan bahwa kamu tuh kuat dan kokoh, meski sekarang kamu di pihak yang lemah, dengan doa, ikhtiar dan tawakkal, insyaAllah akan datang juga gikiranmu tuk jadi ‘manusia’ di mata mereka, tapi itupun jangan dijadikan sebagai tujuan utama… teteplah DIA yang harus kamu jadikan sebagai tujuna utamamu… semangat Andie… !! ^^

  14. tumpahkan segala dukamu itu Andie… namun setelah itu bangkit lagi yaaa… ga semua org menilai negatif pada dirimu kok… ambillah itu semua sebagai pelajaran hidup dan penguat jiwamu agar kelak kamu bisa jadi manusia unggulan… insyaAllah… ^^

  15. Andi…
    Jangan sedih ya..jujur dulu ketika smp aq juga pernah numpang dengan saudara krn susah, jadi pembantu disitu.. selalu menurut cuma apa2 kejadian dirumah selalu aq yang dituduh…
    Kalo ingat2 itu rasanya dendam itu masih menggumpal didada.. tapi Aq yakin ini cobaan dari Allah swt….
    aq tetap sabar..sabar.. dan sabar.. walaupun balasan itu tidak cepat tetapi pasti ada…🙂
    Lebih baik skrg diuji andi dari pada nanti..

    Sabar ya.. biarkan mereka berkata… Kalo kita Benar tidak usah takut🙂

  16. seng sabar yo mas..
    saya jadi turut sedih dengan kondisi mas andi..
    saya dulu juga pernah mengalami seperti mas, terkena “fitnah” gara-gara duit yang gak seberapa. ya.. posisi saya saat itu ya sama.. sama-sama numpang hidup..
    Percayalah mas, Allah lebih tahu atas apa yang kita perbuat..
    dan pesen saya, pegang terus kalimat yang diucapkan oleh alm. ibunda mas andi..

    salam adem ayem dari jember..

  17. wah, kenapa kita memiliki kesamaan ya?

    aku juga pengagguran, yang malah lebih keras kepala mungkin, hanya saja untuk biaya kuliah–meski dibiayai juga, segagnya saia bisa menyumbang dikit lewat beberapa usaha cari receh online🙂

    semangat ya sob!!!

  18. roda itu berputar kang , mungkin sekarang lagi ada dibawah
    semoga saja besok jadi ada diatas😀
    semangat!!!

  19. blogwalking…
    yang sabar n te2p semangat kang, suatu saat pasti kebenaran terungkap…

    eh iya, link udah aku taut balek, thankz ea…^^

    salam sayank n gud luck sll 4 u…

  20. Assalaamu’alaikum Andi

    Alhamdulillah…. jadikan hal ini suatu yang positif di mana Allah mahu mengujimu menjadi anak dan hamba yang bersabar. “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar”. Berdoalah agar ditampilkan kebenaran kerana doa orang yang teraniaya mudah dimakbulkan Allah. Saya kagum dengan semangat dan kekuatan yang ada pada Andi.

    Teruskan jadi lelaki perkasa dalam menangani segala cobaan. Semoga berjaya dalam pelajarannya. belajar rajin-rajin. Buktikan suatu hari nanti ada sinar menuju kebahagiaan dengan kecemerlangan akademik dan sahsiah. Salam mesra dari saya di Sarawak, MALAYSIA.

  21. biar rebah jangan berubah, biar terbuang terus berjuang. jangan takut kalau memang mas tidak melakukan hal tersebut. bagaimana pun suatu saat kebenaran akan terungkap.

    tetap semangat, semoga tetap diberikan kemudahan oleh-Nya.

    salam hangat selalu

  22. semangat ya….soalnya teteh jadi ikut nelangsa nih baca postingan kali ini. Teteh yakin suatu saat nanti Allah akan membuka kebenarannya. Sabar saja…..

Tinggalkan Balasan

