Belajar Dari Bocah


Kemarin saya bermain kerumah teman saya berencana menantang dia bermain playstation 2.tetapi saat sampai dirumahnya, secara nggak sengaja saya mendengar papa, mamanya sedang membelajari adiknya tentang pelajaran ppkn.karena menurut saya perkataan dan tanya jaawab diantara mereka itu menarik,saya jadi sengaja untuk mendengarkan dan mengintip mereka secara lebih detil dan tanpa sepengetahuan mereka,termasuk teman saya yang saya biarkan ngomong sendiri sambil main plystation residen evil.menurut sepengingatan saya drama tanya jawab antara papa, mama dan si bocah itu seperti ini :
Bocah  : ma,lambang Negara Indonesia itu apa ya ma..?
Mama  : garuda pancasila nak.
Bocah  : ooo…garuda pancasila ya…!!!
Mama  : memang kenapa nak…?
Bocah  : ini lho ma, saya dapet PR ppkn, tapi kayaknya susah…
Papa    : ya sudah sini papa bantu, yang mana…?
Bocah  : yang ini pa, Negara kita adalah negara pancasila dan apa kegunaan

pancasila…?
Papa    : pancasila sebagai pedoman bangsa indonesia nak.
Bocah  : sebentar pa aku tulis duluh..terus UUD 1945 dibentuk dari…?

Dari pak presiden ya pa..!!
Papa    : bukan…UUD 1945 itu dari pancasila.semua sila-sila yang

terkandung dalam pancasila itu didefinisikan menjadi UUD 45.
Bocah  : emmmmhh…????? saya nggak ngerti pa..??? terus berapa jumlah bulu

sayap dan bulu leher garuda pancasila…?
Papa    : emmmmmmh………?
Bocah  : berapa pa…?
Papa    : waduh papa lupa nak…!!!!!berapa ya ma…??
Mama  : aku juga lupa pa…kalo tidak salah 27 apa 28 gitu lho…terus kalau

bulu lehernya aku lupa…!!!:D
Lalu si bocah tersebut lari keruang tamu dan terlihat kebingungan mencari sesuatu dan saya pura-pura mendapat telfon dan segera pindah kedepan rumah memperhatikan perbincangan mereka (seperti detektif yang gila karena ngobrol dihanpone sendiri)
Mama    : cari apa nak…?
Bocah    : nyari lambang garuda pancasila ma…kok tidak ada ya.yang ada

hanya burung cenrawasih dan burung beo…?
Mama    : ya tidak ada nak.kok nyarinya disini…?
Bocah    : kata bu guru tadi…diruang tamu rumah kalian pasti ada lambang

garuda pancasila.kalau ada garuda pancasila kan enak ma, bisa

hitung bulunya, disekolahanku aja ada lambang garuda

pancasila…!!!
Papa      : ya sudah besok papa beli’in lambang garuda pancasila dan papa

pajang dirumah.😀 kan papa cinta indonesia.
Bocah   : cinta apa’an…lambanag garuda pancasila aja tidak ada dirumah

ini.memang kenapa sich pa,kok tidak pajang garuda pancasila…????

Eeeeh pas mau jawab pertanyaan si bocah itu, papanya dapat telfon dan akhirnya drama tanya jawab yang fakta berakhir dan berlanjut dengan si bocah ganti belajar matematika ditemani oleh sang mama.kalau difikir-fikir…menurut saya pribadi.memang faktanya sekarang ini lambang garuda pancasila sudah mulai hilang dari hiasan dinding rumah masyarakat.saya setuju dengan sibocah itu dan dari bocah itulah saya terinspirasi tentang ini

57 pemikiran pada “Belajar Dari Bocah

  1. ada benarnya sich mas…
    hal yang sepele nggak bisa dibiarkan menjadi berlarut-larut…
    masa orang indonesia nggak tahu tentang indonesia sendiri, kan wagu….
    apa lagi masah lambang kebangsaan kita,…
    lam kenal mas…😀

  2. Assalaamu’alaikum Andi

    Wah.. sudah masuk rumah baru ya. Lama juga saya tidak singgah ke laman Andi ini. Selamat tahun baru 2010 dan saya menyukai laman ini kerana nampak ceria dan mencerahkan. Semoga bertambah semangat dan mantap postingannya. Salam mesra dari Sarawak, Malaysia buat Andipeace di seberang lautan luas.

  3. setuju banget mas indra, dukung terus Timnas biarpun gak menang lawan oman
    kalo dulu sukanya beckam, gak salah juga kalo skr jadi fans nya bambang pamungkas.

  4. jangankan memasang lambang negara itu di dinding rumah, barangkali banyak di antara kita yg nggak hapal sila2 pancasila atau arti bhinneka tunggal ika

  5. mungkin benar sekarang nilai-nilai luhur Pancasila sudah banyak yang luntur dari jiwa rakyat Indonesia, bukti diatas hanyalah hal kecil, yang secara sepele tapi mendasar…
    mau dibawa kemana generasi penerus bangsa ini tanpa Pancasila??
    semakin terpuruk saja bangsa Ini….

    Ayo, mari kita sebagai pemuda harusnya punya komitment terhadap ideologi kita,,,,
    mulai dari hal kecil seperti di atas…

  6. Di daerah wonogiri ketika saya berkunjung ke sebuah masyarakat masih memasangnya MAs, bener2 itu daerah bagus banget rasa nasionalismenya. Salut saya. Trims banget mas sudah mengingatkan.
    Salam hangat selalu🙂

    1. memaangg beneer kang…dari siapa ajaah🙂
      istilaah / peribahasa kunooo tuhh kayaknya…ahahay^^… piss n peace🙂🙂
      seneng kok dinasehatiin🙂🙂🙂
      maaf dan salam pagii sahabat

  7. kecintaan pada tanah air memang hal yang paling dicari saat ini. nasionalismenya hancur gara2 rakyat sudah malas dengan sgala aturan dan birokrasi saat ini. gimana numbuhinnya? itu yang mesti kita pecahkan,

  8. klo lambang garuda pancasila jarang ada di rumah2 .. mungkin udah keliatan JADUL dan mengganggu pemandangan .. jangankan dirumah .. di intansi atawa kantor pun pada ilang dan kalo ada jarang dirawat.

  9. kalo dipikir-pikir lagi, gue ga tau apa-apa soal Indonesia
    satu-satunya yang gue tau adalah gimana caranya gue bisa survive di negara Indonesia ini

  10. maaf mampir lagi mas, seperti biasa silaturahmi, ohya barusan saya menulis artikel tentang pelecean islam. jika tidak keberatan tolong beri responya. dan terimakasih sebelumnya.

  11. Mas Andi,
    Kayanya yang berbau nasionalis sekarang ini sedikit demi sedikit mulai luntur yach..
    Entah ini karena pengamatan saya yang sekedarnya aja atau memang kenyataan.
    Mudah2an dengan semakin derasnya globalisasi yang semakin dekat menjangkau kita tidak melunturkan semangat nasionalisme / kebangsaan kita.

  12. Pancasila itu adalah sebuah ideologi, pandangan hidup dan pedoman dalam bernegara. Saya yakin, kalau Pancasila diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara secara konsekuen, maka kehidupan bangsa dan negara ini akan jauh lebih baik.

    Untuk membantu si bapak di atas, saya jawabkan bahwa bulu leher berjumlah 45 helai, bulu sayap 17 helai, bulu ekor 8 helai. Hehe..

  13. idem dengan saya. Di rumah saya juga belum pernah sekalipun ada lambang garuda pancasila hehe. Foto presiden dan wakil presiden juga ngga ada (lho, kok jadi seperti ruang kelas saja ya?) 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s