About Gerhana Bulan

oleh Andipeace

Dimalam menjelang pagi ini tanggal 16 bulan juni 2011 ini saya sedikit celoteh tantang gerhana bulan. Sempat berfikiran : kenapa sih kok pada ribet bergemuruh tantang gerhana bulan..??kok pada ingin lihat gerhana bulan..?? Semaksimal mungkin memutar daya ingat menuju masa lampau saat masih duduk dikelas sekolah dasar, diman saat sekolah dasar, selalu mendapat dongeng dari mbah saya tentang alam dan sejarah indonesia raya.
Nah, renungan demi renungan, ingatan demi ingatan, akhirnya tercoret celotah tentang gerhana bulan dari mbah saya duluh bercerita orang pada  jaman dulu beranggapan bahwa gerhana bulan itu terjadi :

  • Karena adanya batara (raksasa) yang melahap sang bulan dan untuk menakut-nakuti sang batara banyak orang orang yang memukul lesung hal itu bertujuan agar sang batara memuntahkan kembali sangbulan seperti semula. ntah kenapa sang betara itu takut  dengan lesung..???
  • Ketika terjadi gerhana bulan para ibu hamil diwajibkan untuk sembunyi di kolong tempat tidur, konon hal itu dilakukan agar janin yang dikangungnya tidak hialang (dimakan sang batara) .
  • Saat sedang terjadi gerhana bulan muncul bagi yang ingin cepet tinggi mesti lompat-lompat dan bergantungan di pintu supaya kita bisa cepet tinggi .

Nah kali ini berdasarkan celoteh dengan rekan-rekan dijaman sekarang. kata mereka gerhana bulan terjadi karena pantulan sinar matahari kebulan terhalangi oleh bumi sehingga bulan tidak dapat memencarkan cahaya sepeti biasanya (menurut para ilmuan) .
:-D jadi lebih simple sih,  warga-warga gak berlu lagi mendendangkan lesung, ibu-ibu hamil juga tak perlu repot – repot lagi main peta umpet dikolong tempat tidur dan logisnya, kalau mau tinggi dan besar ya hidup 4 sehat 5 sempurna :-D.
Demikian wejangan dari saya kali i ni, bagaimana menurut anda tentang gerhana bulan…???

Maturu nuwun dan salam adem ayem

About these ads

30 Komentar to “About Gerhana Bulan”

  1. iya ndi, smlm pas dikelas gw juga liat bulan purnama… Terlihat bagus seh tapi kalo liat di pilem2 berbau mistik, jadi serem juga.. hahaha

  2. kalo pas gerhana biasanya muncul manusia srigala ya. hihihi

  3. Mari sholat gerhana. :D

  4. ayo bikin gerhana kemiskinan !!!
    hahahaha
    salam sukses semua :D

  5. jaman sekarang kalau gerhana malah di tonton rame2 sambil ngopi. hehehe.

  6. keajaiban Allah di alam semesta. mari kita bersyukur

  7. gerhana kemarin terlewatkan, saya tepar tidur lebih awal :D

  8. aku gak liaaaaaaaaaaaaaat

    abisan syereemm malem malem

  9. baru aku nie…

    hehjeh

  10. Keajaiban yang harus di syukuri,tks…

  11. pas banget waktu aku liat kemaren gerhana bulannya,……………………………….

  12. itulah kekuasaan Alloh..
    walaupun jaman sudah moderen tetapi masih banyak orang-orang yang mengkaitkan gerhana, dngan hal-hal yang berbau mitos walaupung belum tentu kebenaranya..

  13. ya itulah…cerminan orang tua kita dulu yang masih kolot segala sesuatu di kaitkan dengan mistis dan itu hanya di daerah tertentu tetapi ada juga di beberapa daerah menyambut gerhana bulan dengan sholat gerhana.. di tmpt saya malah gerhana itu menjadi ajang ibadah seperti sholat sunat gerhana dan …seperti yang tejadi waktu gerhana matahari total.

  14. thanx infonya…salam kenal

  15. informasi yang sangat bagus sekali,,
    makasiiiii,,,,,,,,,

  16. salam kenal,,
    informasi yang snagt bagus sekali,,,

  17. gan mklo boleh tukeran link ini link sya

    http://blog.umy.ac.id/ghea

    klo sddah terpasang tlg kbrin yh..
    mksh

  18. assalamualaikum..
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  19. ini dia info yang saya cari cari..
    terimakasih atas infonya..

  20. mantap gan infonya…
    terimakasih ya??

  21. ok sipp gan..
    infonya mantepp. :D

  22. begitu banyak artinya tulisan ini…
    terutama dalam info” yang bermamfaat seperti ini.

  23. aku suka infonya gan..

  24. infonya menarik banget gan

  25. makasih banyak gan infonya ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: